Pengalaman Culture Shock Jadi Mahasiswa Baru!

Culture Shock pada mahasiswa baru tentunya akan dialami oleh semua mahasiswa terkecuali kamu adalah peserta gap year yang pernah merasakan kuliah sebelumnya, namun meski gap year kamu juga tentunya sebelumnya pernah merasakan culture shock jadi mahasiswa baru, hal tersebut lumrah karena memang feel dan suasana yang sudah jauh berbeda.

pada kesempatan kali ini aku mau membagikan pengalaman aku ketika awal awal menjadi mahasiswa baru di salah satu universitas top di bandung, apalagi kalo bukan Universitas Pendidikan Indonesia.

yap aku keterima di UPI jalur SBMPTN 2021, dengan ujian soshum jurusan pendidikan seni musik. jauh di lubuk hati aku sangat bersyukur dan tak menyangka akan bisa keterima di TOP PTN dan dengan KIP KULIAH.

namun tentunya tidaklah secepat itu, masa masa SMA yang sudah terlewat dan tak terasa sudah menjadi seorang mahasiswa di perguruan tinggi.

oke daripada berlama lama yuk menuju ke topik utama Pengalaman Culture Shock Jadi Mahasiswa Baru!

Baca Juga:10 Jurusan Kuliah Perkantoran Dijamin Langsung Kerja

daftar ini akan selalu di UPDATE berjalannya saya sebagai mahasiswa, jadi stay tune terus yah!

1. Pengisian IRS

masuk ke culture shock yang pertama adalah Pengisian IRS, yap satu hal ini benar benar membuat saya bingung dan terheran heran ternyata dalam pemilihan mata kuliah tidaklah seperti di sekolah yang dimana hanya mengikuti aturan disekolah dan kurikulum.

berbeda dengan kuliah yang dimana setiap mahasiswa diwajibkan untuk mengisi Isian rencana studi mataka kuliah apa yang akan diambil, namun disitulah yang membuat saya kaget yaitu kita harus berlomba lomba dengan kawan seprodi untuk memilih dosen dan mata kuliah.

jika mata kuliah tersebut penuh kita diharuskan mengulang tahun depan dengan kaka tingkat yang juga sama sama belum mengontrak mata kuliah yang sama.

Baca Juga:Yakin Kuliah Ga penting? cek Faktanya!

2. Grup Chat

masuk ke nomor dua yaitu Grup, dan pasti kalian betanya tanya apasih yang aneh dari grup? maksud saya adalah grup bertambah banyak dan chat pun banyak.

kalian tentunya pasti pernah mengalami dimana chat di suatu grup banyak sampe ratusan bahkan bisa mencapai ribuan, terlebih yang membuat kaget adalah ketika kita baru 10 sampai 60 menit tidak memegang hp chat sudah banyak.

nah hal itu adalah yang saya alami ketika awal awal jadi mahasiswa baru karena grup chat sangat diperlukan untuk bimbingan dan pengenalan mahasiswa baru terhadap kampus.

3. Ospek

Baca Juga:5 Jurusan Yang Sedikit Peminat Tapi Peluang Kerja Besar

kemudian culture shock yang pastinya dialami oleh semua mahasiswa baru adalah ospek, yap rasanya ospek adalah hal yang wajib dilakukan kaka tingkat guna kita bisa memahami dan menyesuaikan dengan lingkungan dan status baru kita sebagai mahasiswa.

namun tentunya tidaklah semua mahasiswa baru ini bisa memahami dan mengerti fungsi dari ospek dan malah kesal dengan kaka tingkat, karena di PTN terjadi adanya sebuah petisi dari mahasiswa baru yang tidak dikenal membuat petisi untuk meringankan tugas ospek.

hal tersebut sebenarnya membuat saya kaget akan ospek kuliah yang begitu ketat dan cukup menegangkan, namun saya bersyukur karena bisa menjalani itu semua dengan baik.

yap teman teman berikut adalah Pengalaman Culture Shock Jadi Mahasiswa Baru! jika kamu memiliki pengalam tersendiri jangan lupa untuk komen dibawah, jika kamu adalah camaba jangan ragu juga untuk komen dan bertanya.

Follow juga media sosial saya guna memudahkan akses informasi mengenai kuliah, produktifitas dan masih banyak lagi.

IG:@pikiran mahasiswa

LihatTutupKomentar